Google+ Facebook Twitter

3 Idiots "Just Study"

3 Idiot. Film ini mulai dibuat 28 Juli 2008 di kota Delhi, Bangalore, Mumbai, Ladakh dan Shima serta mengunakan gambaran Universitas yaitu Indian Institute of Management-Banglore. Film yang diadaptasi dari buku Five Point Someone : What not to do at IIT karya Chetan Bhagat ini telah menginspirasi banyak pelajar di dunia khusunya di Indonesia. Dirilis 25 Desember 2009, pertama kali aku mendengar kalo ini adalah film India, aku sempat berpikir dengan banyak tarian dan nyanyian kayak film India pada umumnya. Tetapi setelah memberanikan diri menonton (kayak film horor aja), kesannya hanya keren yang bisa keluar dari pikiranku.

Film ini mengisahkan persahabatan 3 orang mahasiswa yang bertemu saat ospek di Imperial College of Engineering (ICE) yang merupakan institut teknik terbaik di India dalam film tersebut. Film ini banyak menginspirasi orang tentang persahabatan, usaha dan bagaimana melewati asam manis dunia perkuliahan untuk menggapai tujuan hidup.

Untuk kali ini aku mengambil angel dari cara pandang seorang Rancho. Mahasiswa jenius yang diberi label Idiot oleh rektor di Universitas tersebut karena perseteruan antara mereka berdua. Dimana Rancho mengkritik sistem pengajaran di kampusnya tesebut. Paradigma yang terbentuk di kampus itu adalah lulus dengan nilai bagus, mendapat pekerjaan, gaji tinggi, dan hidup bahagia.

Aku suka dengan cara berpikir dari seorang Rancho dan aku harap kita akan semua akan berpikir seperti dia. Kebanyakan orang kuliah hanya untuk mendapat ijazah. Tanpa ijazah, orang tidak bisa bekerja. Tanpa bekerja, tak akan ada seorang ayahpun yang mau menikahkan anaknya dan akhirnya kurang bahagia. Tapi si Idiot (Rancho) yang satu ini, dia ke kampus/sekolah bukan utuk ijazah, tapi untuk belajar "Just For Study. Dia tidak perduli jadi juara pertama atau terakhir, mendapat nilai tinggi atau rendah, yang dia tahu, dia pergi untuk belajar.
 "Anak-anak, berfikirlah efisien. Maka kesuksesan ada di belakangmu! Mari Belajar!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar