Google+ Facebook Twitter

Indonesia Di Tangan Kita

Sebenarnya aku takut memuat artikel ini. Takut dikecam, takut dikritik, takut diprotes, takut diaggap sok jago dan masih banyak hal yang membuat aku takut memosting artikel ini.
Tapi ini seperti halnya cinta, jika tidak diungkapkan akan menjadi siksa dalam hati dan pikiran.
Dengan alasan itu akhirnya aku memberanikan diri untuk memosting artikel ini.

Aku Ingin menyerukan sepenggal dari panjangnya tulisanku yang ingin memberi tahu arti yang mendalam dari filsafat Pahlawan Idolaku Dr. Gerungan Saul Samuel Jacob Ratulangi yang berkata, "Si tou timou tumou tou" (Manusia baru dapat disebut manusia, jika sudah dapat memanusiakan manusia) untuk membuatnya lebih mudah dipahami, aku mengartikannya seperti ini, "Orang hidup untuk menghidupkan orang lain".

Indonesia. Negara dengan potensi alam yang luar biasa. Segala sesuatu yang ada di Indonesia sangat kompleks untuk membentuk suatu kolaborasi pendukung kemajuan Indonesia. Pertanian, peternakan, kelautan,  pertambangan, pariwisata, budaya dan masih banyak lagi. Apakah semua itu masih kurang untuk membuat Indonesia menjadi negara yang luar biasa..?
Jika kalian berkata masih kurang. Jawabannya SALAH.
Jika kau berpikir masih kurang. Jawabannya TIDAK.
Potensi itu lebih dari cukup untuk membawah Indonesia menjadi bangsa yang luar biasa. Bagi kalian yang berkata bahwa itu masih kurang, itu semua adalah pikiran kalian saja.
Taukah kamu, ketika kita berkata itu semua masih kurang, tapi pada kenyataannya itu sudah lebih dari cukup, kamu sebenarnya tidak menyadari bahwa kamu sedang berkata saya tidak mampu.
Mengapa saya berkata seperti itu..??
Tentu saja. Dalam keadaan tersebut kita tidak menyadari kita berkata masih kurang karena kita saja yang tidak mempunyai kemampuan dan usaha untuk bisa menggunakan potensi itu. Itu semua datang dari pikiran kita saja. Pernakah kamu berpikir untuk menggunakan tanah yang kosong di desa atau di sekitar kamu untuk dijadikan lahan pertanianmu? Atau meminjam satu area persawahan untuk menghasilkan hasil produksi perikanan..? Jika hal-hal seperti itu belum terpikir olehmu, aku rasa wajar kalau kamu masih berkata semua potensi yang Indonesia miliki saat ini belum cukup menjadikan Indonesia negara yang luar biasa.

Semuanya tinggal dari dirimu sendiri, bagaimana kamu mengembangkan dirimu dengan segala ilmu yang ada padamu. Ketika kita tidak didukung dengan kemampuan untuk melakukan sesuatu, kita masih akan terus ragu dengan segala potensi yang sebenarnya sudah lebih dari cukup untuk memerdekakan Indonesia dari segala macam masalah kemiskinan. 

Semuanya ada dalam diri kita. Apakah kita akan tetap berkata masih belum hingga akhirnya tidak ada lagi kesempatan untuk berkata, "sekaranglah saatnya aku maju. Menjadikan Indonesia negara yang luar biasa".
Semangat terus Cahaya Muda Indonesia, kita terangi Indonesia dari gelapnya bayangan kehancuran.
Hidup Indonesia..!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar