Google+ Facebook Twitter

Big Hero 6. Kau Akan Membantu Banyak Orang



Big Hero 6. Film animasi yang bukan film animasi biasa menurutku. Penyajian film yang sangat mendetail mulai dari grafik, gerak, dan latar tempatnya. Untuk sebuah film animasi, menurutku film ini sepertinya dibuat dengan sangat-sangat serius untuk disajikan menjadi tontonan bukan hanya anak-anak, film ini mempunyai kapasitas yang luas untuk ditonton oleh semua umur. Dibuat dalam animasi dan bisa dinikmati semua kalangan, film ini memberi pesan moral yang mudah dicerna oleh semua orang.

Dari awal hingga akhir film ini, mengajarkan aku banyak hal yang selama ini aku abaikan. Dalam kesempatan ini aku akan mengambil satu sudut pandang dari banyaknya sudut pandang yang bisa menginspirasi kita semua.

Aku sengaja tidak mengambil dari sudut pandang pemeran utama film supaya yang belum nonton masih bisa mempelajari dan merasakan dampak emosional dari film ini. Aku mengambil sudut pandang Tadashi Hamada, kakak dari objek utama dalam film ini. Tadashi adalah seorang mahasiswa di sebuah kampus yang mempunyai tujuan mengembangkan setiap penelitian mahasiswanya. 
Dalam kehidupan sehari-hari, seorang remaja memiliki tantangan yang beragam dalam menjalani kehidupan. Disini ditunjukan bagaimana Tadashi mengarahkan dan mengajari adiknya yang menjadi tokoh utama film. 
Tidak hanya itu, satu hal yang aku suka dari seorang Tadashi adalah tujuan yang ia punya. Dengan kemampuannya yang jenius, dia mengembangkan satu robot yang bernama Baymax. Baymax diciptakan Tadashi sebagai robot perawat, dimana Baymax bisa merasakan dan memindai sakit yang dialami seseorang dengan sangat detil. Bahkan dia bisa mengetahui perasaan seseorang sedang senang atau sedih dengan memindai detak jantung dan emosi seseorang bahkan memindai perubahan zat yang memicuh perubahan emosi dalam tubuh. Tadashi membuat Baymax dengan susah payah. Berkali-kali ia melakukan percobaan-percobaan dan terus gagal, gagal dan gagal.
Tapi dia tidak menyerah begitu saja. Dengan usaha yang sangat keras akhirnya dia berhasil menciptakan Baymax, sang robot perawat itu, dan ia memprogram Baymax untuk membantu orang.
Dan saat Tadashi berhasil menciptakan robot itu, ia berkata, "Kau akan membantu banyak orang, banyak orang".

Mungkin kamu berpikir yang aku tekankan disini adalah bagaimana usaha yang dilakukan oleh Tadashi yang terus mencoba sekalipun gagal. 
Benar sih, itu salah satu hal yang membuat Tadashi spesial. Dia selalu menasehati adiknya meskipun dia tak didengar, dia selalu berusaha mengingatkan adiknya tanpa lelah. 

Tapi satu pertanyaan pada yang bisa kita bisa tanyakan pada Tadashi.
Apa yang menjadi alasan dan tujuannya hinnga dia tidak menyerah..??
Dan inilah hal spesial itu "Dia ingin membantu banyak orang". Tadashi rela bekerja siang malam untuk meciptakan Baymax (Sang robot perawat), dan dia melakukan itu hanya dengan Satu alasan yaitu, Membantu banyak orang.




Pernahkah tepikirkan oleh anda..?
Berlelah untuk untuk menciptakan sesuatu yang bisa membantu orang lain. Tak perlu seperti Tadashi dengan menciptakan, tapi berlelah untuk membantu saja. Apakah membantu seorang nenek atau kakek yang perlu topangan saat ingin menyeberang jalan..? Atau membantu seorang anak yatim piatu yang belum makan seharian..?


Apakah pernah kita berpikir untuk menyibukan diri agar bisa membantu orang lain..?
Kebanyakan dari kita terlalu sibuk dengan kesibukan pribadi kita tanpa memikirkan orang lain.  
Sekecil apapun bantuanmu, akan memberi arti yang luar biasa.
Jadi, janganlah pernah merasa rugi membantu orang lain. ingatlah Filsafat Sam Ratulangi, "Si tou timou tumou tou" orang hidup untuk menghidupkan orang lain.
Apa yang engkau tabur, pasti itulah yang engkau tuai. Jadi, lakukanlah sesuatu untuk membantu orang lain, jangan hanya sibuk dengan apa yang kita inginkan tapi, lihatlah pula disana masih banyak orang yang membutuhkan bantuan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar